Belanda – Day 8 – Jerman (part 2)

Hari kedua di Jerman kami langsung berangkat ke Dussi (Dusseldorf). Perhatikan harga tiket! Harga tiket bus lebih mahal daripada di Belanda. Walaupun berlaku untuk 1 jam (bisa pindah-pindah bus), 2.3 Euro. Kalau di Belanda Enschede 1.5 Euro untuk 1x naik. Kalau memang berencana untuk jalan-jalan, beli tiket NRW dari hari sebelumnya, agar perjalanan dari rumah sudah gratis. O iya, salah satu keenakan kuliah di Jerman adalah mahasiswanya mendapatkan free tiket kemanapun dan kapanpun (di Jerman). CMIIW

smallDSC04409

Sampai stasiun baru kami beli tiket NRW. Mesin tiket tidak mau menerima uang berlebih! Harus pas. Jadi kalau harga tiketnya 43 Euro dan memasukkan pecahan 50 tidak bisa.

smallDSC04425

Sampai di Dussi kami sudah merasa lapar, terutama si bumil pengen makan mie. Jadilah pergi ke tempat paling terkenal untuk makan ramen di wilayah ini. Di sini ada menu non-babi. Dan kami juga sudah tanya kalau masaknya tidak menggunakan minyak babi. Makanlah jadinya.

smallDSC04464

Harganya lumayan, rasa enak beut.

smallDSC04466

Kalau makan di tempat makan Eropa harus jauh lebih hati-hati dalam memilih. Selalu tanyakan apakah mengandung hal-hal haram. Mereka biasa saja kok.

smallDSC04474

Habis kenyang kami lanjut jalan. Ke arah sungai Rhein lagi. Sepertinya sungai Rhein ini memang penyokong kehidupan dan hiburan. Sepanjang sungai terdapat banyak taman dan tempat bersantai. Dan kami menemukan ini:

smallDSC04627

Kelihatannya seperti piece of art biasa. tapi ternyata ini merupakan monumen informasi setempat. Tiap kaki mengarah ke suatu angka yang menunjukkan penggunaaan energi kota ini. Seperti contohnya penggunaan Erdgas (gas bumi) sekitar 500 MWh (kurang tahu per satuan waktu apa).

smallDSC04628

smallDSC04633

Setelah lala lili sana sini, kami pulang dan seperti biasa, beli makan, Kebab.

smallDSC04715

Besoknya santai-santai, Jumatan, dan kembali ke Enschede dengan penuh drama nyasar. :p

 

 

Leave a Reply