Bikin Pasfoto Bayi

Ceritanya lagi butuh pasfoto buat urusan administrasi tapi nggak mau ngeluarin duit buat pasfoto profesional. Jadinya coba foto sendiri dan sampai hari ini belum ada hasil yang asik. Butuh ekspresi yang netral, mata kebuka, pundak terlihat lurus, dan mulut tertutup.

output_9bziiq

Tipsnya: bayi harus dalam kondisi tenang. Caranya? Tergantung masing-masing. Bisa jadi tenang kalau habis bangun tidur masih bingung. Bisa juga habis minum pas udah kenyang. Atau mungkin habis mandi. Challenge selanjutnya adalah kepala bayi suka hadap kanan kiri.

Perhatikan juga background dan lighting. Background asal putih. Lighting asal jangan ada bayangan. Natural light paling bagus dan gampang menurut saya. Mau pakai flash tapi terlalu keras dan kasar. Sayang udara agak dingin jadi kalau keluar cari cahaya agak males.

ISO juga harus serendah mungkin, 100-200, maksimal 400, kalau mau invest waktu buat edit mungkin 800 masih bisa. Tujuannya agar tidak ada noise (requirement administrasi). Di lain sisi, shutter speed harus tinggi karena jangan sampai objeknya blur. 1/100 atau lebih cepat. Kalau anaknya anteng mungkin 1/60 masih bisa.

Update:

Setelah dapat surat teguran kalau harus ngerjain ijin tinggal Aini, baru mulai semangat lagi. Sekarang Aini umurnya udah 5 bulan, jadi udah bisa agak tegak dan fitur wajahnya lebih jelas.

Cara fotonya? Tetap di atas kasur, gorden terbuka penuh, plus blitz. Silau tapi cuma jepret 3-4x. Jadinya gini:

 

Leave a Reply