Cara Membuat Visit Visa Belanda (via VFS Global)

Ternyata sekarang membuat visa visit sudah sangat teratur (terpusat dengan visa-visa Eropa lainnya oleh VFS Global), jadi kalau tahu caranya sangat mudah. Ini saya tulis sekalian proses buat visa untuk ibu saya sendiri.

Dokumen yang perlu diurus dari Belanda (keluarga/ teman yang akan dituju) hanya undangan, bisa baca caranya di sini, dan scan verblijf (residence permit).

  1. Sering-sering buka website VFS Global: vfsglobal.com. Ini adalah portal yang paling penting dan satu-satunya yang diperlukan.
  2. Download dulu form pengajuan visa, ini sekaligus menjadi ceklist dokumen-dokumen yang diperlukan di sini. Kalau tidak bisa, silakan buka webnya dulu di sini.
  3. Dokumen yang dibutuhkan berdasarkan list tsb:
    1. Paspor (300rb)
    2. Paspor anak (kalau bawa anak) dan surat ijin/ persetujuan orang tua (kalau anak bepergian sendiri atau hanya dengan salah satu orang tua)
    3. Untuk yang bawa anak, kedua orang tua harus datang ke VFS Global agar petugasnya bisa lihat tanda tangannya asli. Atau harus pakai notaris. Ribet ternyata, terutama yang tinggalnya luar kota.
    4. Residence permit (verblijf) keluarga yang dituju, cukup print hasil scan saja.
    5. Pas foto yang khusus untuk visa (background putih dengan proporsi wajah lebih banyak daripada pas foto biasa dipakai di Indonesia). Harusnya tempat foto yang berpengalaman udah ngerti. Sekitar 50rb
    6. Travel iternary: bookingan pesawat pulang-pergi, sesuai tanggal visa yang diajukan. Gampangnya ke qatarairways.com atau emirates.com buat bikin gratis, hanya berlaku 49jam (Qatar) dan 72jam (Emirates), jadi mending booking kalau sudah mau berangkat ke VFS.
    7. Asuransi kesehatan yang mengcover selama di Eropa. Saya menggunakan Axa Schengen (axa-schengen.com). Tapi harus punya paypal, baiknya keluarga/ teman yang di Belanda yang pesan, soalnya lebih mudah punya paypal di sini. FYI: anak juga harus dibelikan asuransi terpisah dari orang tua. 65Euro/1bln.0001
    8. Bukti punya tanggungan di Indonesia. Kami menggunakan surat keterangan anak masih sekolah di Jogja. Bisa juga fotokopi SHM tanah atau surat keterangan kerja.
    9. Undangan dari keluarga/ teman di Belanda. Bisa baca di sini untuk cara buatnya. 16Euro/orang
    10. Rekening koran/ bukti kemampuan ekonomi selama di Belanda. Aturannya adalah 34 euro/orang/hari. Kurs sekarang jatuhnya 500ribu/hari, kalau mau visit 1bulan berarti harus ada 15jt di rekening.
    11. Bayar visa nanti di tempat. 850rb untuk dewasa, 490rb untuk 6-11 tahun, dan gratis untuk di bawah 6 tahun.
  4. Kalau sudah lengkap semua, bikin jadwal temu di sini. Buat akun dulu. Masukin data, pilih jadwal yang diinginkan.
  5. Datang ke kantor VFS yang dituju dengan semua dokumen di tangan. Bayar. Selesai. Tunggu 15 hari kerja untuk bisa jemput paspor. Atau bisa minta dikirimkan menggunakan kurir dari VFS Globalnya (50rb/ paspor ke Jogja).
  6. Cek status aplikasi bisa di sini.

Total biaya untuk kasus kami (1 dewasa, 1 anak 9 tahun, 32 hari): Undangan 32 Euro, asuransi 130 Euro, paspor 600rb, pas foto 50rb, biaya visa 1.34jt. Sekitar 4.42jt + nanti perjalanan pp ke Jakarta 2x (apply dan ambil). Kalau lewat travel agent yang menawarkan Euro trip jatuhnya sekitar 8jt/org (asuransi, visa, tips, dll) di luar biaya paspor dan tripnya itu sendiri.

Begitulah singkatnya membuat visit visa Belanda.

Leave a Reply