Harga Barang-barang di Belanda

Setelah 3 hari “tinggal” di Belanda, ini sedikit pandangan tentang harga-harga komoditi di sini. Rata-rata harga barang konsumtif hampir sama, bahkan lebih murah daripada di Jakarta. Selain itu juga lebih terjamin kualitasnya. Seperti contohnya susu 1lt yang harganya 69 cent, rasanya enak dan tidak bikin eneg (sudah dapat testimoni ibu hamil muda). Frozen piza juga rasanya enak dan harganya jatuhnya lebih murah dibandingkan dengan jika beli di Pizza H*t.
Ada juga apel 1,5kg yang enak dan besar, setara apel fuji, hanya 1 Euro. Di Jakarta harga segitu cuma bisa dapat 1-2 buah.
Barang-barang konsumtif yang impor dari luar Eropa yang rasanya sedikit lebih mahal. Seperti Indomie, yang ternyata melimpah ruah dengan banyak pilihan dan membuat gagal kangen Indonesia, harganya 45 cent. Fair price.

Barang non-konsumtif yang akan menguras kantong di sini, seperti housing (kontrakan) yang berkisar 350~450 Euro/ kepala untuk yang layak huni. Namun jika dibandingkan dengan di Jakarta, perbandingan harga/ukuran tempat tinggal jatuhnya sama saja. Mungkin karena di Jakarta tidak ada aturan ukuran minimum layak huni, sehingga masyarakat cenderung mengambil yang paling murah.

Silakan klik gambar untuk melihat lebih besar.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply