Jalan-jalan Den Haag

Den Haag terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya, seperti kota-kota tua lainnya di Belanda. Sekalian urus perpanjangan paspor di Kedutaan RI, lanjut putar-putar kota. Jarak agak walking distance dari kedutaan ada Peace Palace. Sayang nggak bisa masuk ke istananya, tapi ada museum kecil yang gratis. Biasa anak kuliah cari gratisan.

smallDSC00551

Habis itu bumil minta cari makanan Indonesia, yang konon memang banyak restoran Indonesia di kota ini, nggak kayak Enschede. Habis liat-liat blog orang, banyak pilihan restoran. Kami ke sini dulu “Depot Podjok”, alasan satu-satunya karena “walking distance” juga dari istana. Sayang sampai sana tutup, lagi libur. Link lokasinya sini.

smallDSC00563

Next stop restoran “Si Des” di centrum, sekalian ke arah centrum. Lokasinya mojok. Sekitaran banyak tempat makan dari berbagai negara. Link lokasinya sini.

smallDSC00576

Di sini bumil minta spare ribs bakar. Rasanya lumayan lah. Harganya juga lumayan, sama nasi dan es kelapa muda ala2 13.5 euro. Jatuhnya memang harga makanan impor. Sekali-sekali lah.

smallDSC00580

Waktunya sholat dhuhur! Surprisingly di kota ini ada beberapa masjid juga di lokasi-lokasi sangat strategis. Yang ini just around the corner dari “Si Des”. Keliatan banget kota ini sangat open dengan “orang luar”. Ada masjid turki di chinatown. Orang kerudungan berseliweran biasa aja. Nggak kerasa di Belanda selain cuacanya.

smallDSC00583

Lanjut gantian pamil minta jatah makan: Ramsis Restaurant. Sayang sampai sana persis di depannya ada tempat makan yang gayanya sama tapi ada semacam sales yang narik-narikin pelanggan. Jadinya malah nyangkut di Miami Fried Chicken. Porsi n rasanya mantap.

13.5 euro juga, dapet minum. Bisa buat makan berdua.

Kenyang, lanjut muter-muter geje habisin waktu sambil mengarah ke stasiun.

Catch the Frisian Flag:

smallDSC00591

smallDSC00596

Ada daerah yang menarik: The Passage. Jalan umum tapi beratap. kanan kiri banyak toko-toko. Macam mal.

smallDSC00602

Di sini juga ada trem! Ndeso. Di Enschede adanya cuma bus. Hahah

smallDSC00611

Udah foto gaya sampe stasiun. Ternyata salah. Harusnya central station malah HS.  Nggak tau juga singkatan HS apa. LOL

Leave a Reply