Kos-kosan di Belanda

Kami termasuk (yang kata orang-orang) beruntung dapat kontrakan dalam kampus. Awalnya kami agak ragu karena harganya (yang menurut otak indo kami) mahal. Namun ternyata memang harga sewa kontrakan di Belanda segini. Selain itu karena kami masih baru berarti harus punya alamat. Nah, dari agen kos-kosan ada aturan 1 ruangan untuk 1 kepala. Tidak tahu apakah berlaku kebalikannya. Brosurnya ada di sini. Kami di unit calslaan yang untuk berdua.

Ternyata setelah lihat tempatnya memang kebesaran untuk berdua (kalau udah nikah). Berikut beberapa fotonya.

Kamar 1 kira-kira 5*3m. Lumayan lapang. Ada TVnya juga. Awalnya isinya ada 2 kasur yang kami satukan sebelum pindah ke kamar 2 di malam ke2.

smallDSC04718

Kamar 2 beserta ruang bebas belajar. Lumayan lapang.ukurannya 2x lipat kamar 1.

smallDSC04721

As you can see posisi kosan kami berada di lantai semi basement. Tenggelam di tanah. Jadi kalau berangkat kuliah lewat jendela. LOL

smallDSC04722

smallDSC04724

smallDSC04723

Hal yang agak aneh adalah penempatan toilet dan kamar mandi, sulit untuk orang Indo. Toilet, wastafel dan kamar mandi dipisah jadi 3 kamar dengan pintu masing-masing. Hahah. Toilet dan wastafel area kering, tidak ada lobang air buangan.

smallDSC04720

Dapur yang lumayan lengkap banget. Kompor gas, pemanas air, microwave, mesin cuci dan pengering, blower, dan kulkas pendek tersedia. Ditambah lagi disediain 1set panci baru, piring-piring, gelas-gelas, sendok, dll. Tinggal bawa bahan makanan.

smallDSC04725

Suasana sarapan. Makan sambil liatin diliatin matahari pagi dan orang lewat.

smallDSC04737

Jadi sekarang kami punya 1 kamar kosong nganggur. Kalau ada yang mau mampir main silakan. Heater di sini juga panas. Angetnya ke seluruh ruangan. 

Sebenarnya kalau dihitung-hitung dengan luasan dan fasilitas seperti ini, harganya bakal sama atau malah lebih mahal kontrakan di Jakarta. Bedanya adalah kami tidak punya pilihan untuk tinggal di rumah kumuh emperan kali yang sewanya seharga makan 1x di pizza dan kalau grimis kena longsor dan harus ngungsi.

Dan beginilah tampak kos-kosan kami. Baris paling bawah. Kamar paling kanan masih kosong.

smallDSC04807

 

Leave a Reply