Kuliah – Day 1

Akhirnya sampai di saat yang kami tujukan untuk ke Belanda ini. Kuliah!

Kuliah pertama masuk “BIM (Building Information Modelling) & 5D Planning”. Dosennya adalah si Kaprodi. Pelajaran pertama yang diberikan di slidenya:

“10 is for God, 9 is for the teacher”

Tidak ada nilai lebih dari 8 untuk para studentnya. Nilai kelulusan minimal untuk semua kelas 5.5 – 6 (tergantung dosennya). Hahah. Ketawa dulu aja biar tetap hepi.

Pelajaran kedua:

“I won’t teach you anything, you’ll teach yourself”

What?!?! Terus ngapain masuk kelas? Dan ternyata setelah lihat “blackboard” (semacam aplikasi portal akademik dari kampus), memang tidak ada absen masuk kelas. Disuruhnya harus belajar sendiri. Masuk kelas hanya untuk pertanyaan jika ada yang tidak paham atau bahas case study. Wkkk. Ngakak dulu aja biar tetap semangat.

Setelah itu pak dosen melempar pertanyaan: “What do you think BIM is?” Waduh, saya masuk kelas ini untuk tahu jawabannya Pak. Pertanyaan yang biasanya dikeluarkan dosen killer di ITB dulu. Harus sudah belajar seminggu sebelumnya untuk tahu jawaban apa yang diharapkan sang dosen.

Semua sunyi, tidak ada yang jawab. Sampai akhirnya ada salah satu student yang nyeletuk “Building Information Modelling?”.

“Yes! That’s correct!”

?!?!?!? Itu kan singkatannya doang pak!

“Next! What’s 5D?”

Biasanya yang ini yang pertanyaan jebakan. Pertanyaan pertama dikasih yang mudah dan obvious, pertanyaan kedua tidak mungkin semudah itu harusnya.

“D is for dimension!”

zzzzzzzzzz

“Is there any questions?”

Kelas intro hanya berlangsung tidak 45 menit yang di jadwal 2 jam. Setelah itu saya pulang, buka laptop, login ke student account, dan drop kelas BIM & 5D planning.

Ternyata sekolah di Belanda tidak cuma haha hihi.

Leave a Reply