Pengalaman Tinggal di Rusun Benhil 2

Kami tinggal di rusun Benhil 2 sejak awal menikah, Desember 2014, sampai kami harus meninggalkan Jakarta untuk lanjut kuliah, Januari 2016. Namanya aja sih rusun benhil, sebenarnya rusun ini berlokasi di Jalan Penjernihan, Pejompongan. Persis di seberang pemadam kebakaran dan Kantor Lurah Benhil.

Selama 1 tahun lebih , banyak pengalaman dan kenangan yang kami dapatkan.

Keliatan dari luar, rusun ini terlihat angker, tidak terawat, jorok, dan serem. Memang begitulah adanya. Rusun ini bisa dibilang jorok untuk lantai-lantai bawah, namun untuk lantai tinggi, rusun ini bisa dibilang lumayan bersih.

Tapi jangan salah loh, penyewa di rusun ini, orang-orang yang punya mobil. Bisa dilihat dari parkiran rusun yang selalu (sangat) penuh oleh mobil-mobil yang bisa dikatakan mewah. Sementara, penduduk asli rusun ini adalah orang Jakarta dengan keadaan ekonomi rendah. Jadi, rusun ini adalah pencampuran antara penyewa yang berkemampuan dengan masyarakat berekonomi rendah. Umumnya penduduk asli menempati unit-unit di bawah, sementara penyewa unit-unit atas.

Biaya sewa kami adalah Rp. 5.000.000,00 per 3 bulan. Mahal atau murah yah? Mungkin bisa dikatakan mahal, jika membandingkan dengan harga sewa rumah di pinggiran Jakarta. Sewa rumah di pinggir ibukota dengan 2 kamar, rumah napak di bumi, bisa dapat Rp. 1.600.000,00 per bulan. Murah jika kita bandingkan dengan kos-kosan di sekitar kawasan dekat rusun. Misalnya Benhil, untuk kontrak dengan besaran 3*3 m bisa mencapai 1jutaan. Yah, mahal murahnya relatif.

Rusun yang kami sewa memiliki luasan 21 m2 dengan tipe studio, semua di rusun ini tipe studio. Di dalamnya, sudah ada AC, kasur, lemari, dapur dan kamar mandi- full furnished. Untuk dapur hanya ada westafel dan rak saja. Untuk kompor, kulkas, dll disediakan sendiri.

p_20160119_204418.jpg

Nah, enaknya tinggal di rusun ini adalah :
1. Lokasinya sangat strategis, dekat dari mana-mana. Dekat dengan Thamrin City, Sudirman, Tanah Abang, Stasiun Karet, Plaza Semanggi, Rumah Sakit. Pokoknya ini kawasan yang enak banget. Kemana-mana tinggal ngangkot saja.

2. Banyak tempat makan. Persis depan rusun, ada Sambel Setan yang ternama , pedes maknyos. Dekat dengan Benhil juga, tempat segudang rumah makan terkenal di Jakarta seperti : Rumah Makan Bopet Mini, Rumah Makan Aceh Seulawah, Gudeg Pejompongan. segala macam rupa ada.

3. Posisi studio kami di lantai 8, jadi angin dan matahari masuk. Sirkulasi udara untuk unit-unit atas tergolong baik, sinar matahari pagi masuk ke unit kami. Angin sepoy-sepoy yang jarang dapat dirasakan di kota Jakarta dapat kami nikmati.

4. Listrik dan air murah. Air hanya bayar maksimal 20rb saja per bulan. Untuk listrik maksimal 150.000 dengan pemakaian AC tiap malam.

Bagian yang tidak enaknya adalah :
1. Tidak bertetangga. Karena orang-orang rusun pada kerja juga, pagi pergi, malam baru pulang. Jadi antar unit tidak saling kenal. Kecuali penduduk asli, mereka memang sudah kenal satu dan lainnya sejak dulu.

2. Lift ada jam-jamnya. Nah ini paling sulit. Jam operasional lift dari jam 6-8, 11-13, dan 16-24, itupun lift yang nyala hanya 1 unit dari total mungkin ada 8 unit lift. Mungkin dikarenakan rusunnya sudah tua, jadi liftnya juga sudah tua, dan nggak bisa dipakai berlebihan.

3. Susah dapat parkir. Jika punya kendaraan sendiri, parkir harus tag-tag kan dan berbayar. Kalau ada keluarga atau tamu yang datang dengan mobil, parkir jauh di belakang rusun.

Rusun Benhil ini bisa jadi pilihan tinggal untuk pegawai single atau keluarga muda yang mencari hunian terjangkau di tengah ibukota.

 

5 Comments

Add Yours
  1. 3
    ervy

    Dear Ibu Ratri,

    Senang bisa tahu gambaran rusun di Benhil. Sy berencana untuk tinggal di rusun. Klu berkenan mungkin boleh kasih nomor kontak untuk membeli cicil melalui siapa?

    Terima kasih

    Salam
    Ervyana

  2. 5
    Rumah Murah Yogyakarta

    Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Lebih baik DP murah, KPR mudah, atau Rumah murah, asri, dan bersih memang lebih banyak diminati oleh calon pembeli rumah.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

Leave a Reply