Per-MPASI-an di Belanda and Indonesia

Mpasi emang menarik buat dibahas yah. Ilmu per-mpasi-an ini terus berkembang. Zaman kita dulu, tahun 1990an, baru lahir aja udah langsung dikasi air gula. Gedean dikit langsung dikasi bubur biskuit milna sama pisang. Tahun 2000an, mulai sadar bahaya MPASI dini. Tahun 2010an ini lagi-lagi, kayak dosa besar banget kasih makan anak di usia 6 bulan kurang 1 hari. *heleh-heleh. Pokoknya ilmu dan mazhab per-mpasi-an ini banyak banget. Saya coba bandingkan yah per-MPASI-an di Belanda sama Indonesia. Untuk Belanda, sumber ilmu saya adalah dokter dan perawat di GGD (posyandu). Untuk di Indonesia, sumber ilmu saya adalah group FB HHBF (Homemade Healthy Baby Food), keluarga, dan teman-teman semua.

When to start

  • Belanda : 4-6 bulan
  • Indonesia : 180 hari (kurang lebih umur 6 bulan kurang sedikit)

Di Belanda, bayi-bayi mulai makan usia 4-6 bulan. Boleh mulai usia 4 bulan, boleh 6 bulan. Mereka bilang ini masa perkenalan rasa baru dan tekstur lain selain susu. Kapan mulainya antara 4 sampai 6 bulan, tergantung bayinya. Kalau bayinya bisa sit up straight and can swallow, go ahead with supplementary feeding.

Di Indonesia yang pada prinsipnya menggunakan panduan WHO, masa mulai mpasi adalah 180 hari, tidak lebih dan tidak kurang. 180 hari itu kurang dari 6 bulan atau bisa pas 6 bulan, secara tidak setiap bulan terdiri dari 30 hari. Kalau mpasi dimulai dini (sebelum 180 hari) dikhawatirkan pencernaan bayinya belum siap. Kalau lebih dari 180 hari, takutnya bayinya kurang nutrisi.

How to start

  • Belanda : Vegetables, Fruits, Baby cereal, bread
  • Indonesia : Vegetable, Fruits, Meats, basically everything except madu, food-based flour (mulai usia 8 bulan)

Di Belanda, mpasi dimulai dengan mashed vegetables or fruits atau baby cereal. Kalau bayi sudah enjoy makan bisa dikasih roti. It sounds crazy for us right? Bayi dibawah 8 bulan sudah makan roti. But that is how it is here. Karena roti itu makanan utama mereka,so introducing bread ini sangat penting.

Cara pemberian yang mereka sarankan adalah kasih makanan yang sama selama 5 hari. Menurut buku Growth Guide pemerintah Belanda, dengan memberikan makanan yang sama selama 5 hari akan membiasakan bayi dengan rasa makanan tersebut. Mereka juga menyarankan untuk memberikan makanan dalam jumlah yang sangat sedikit (only one or two small bites), untuk menghindari tension, disappointment, or frustration.

Kalau di Indonesia, semua jenis makanan sama, tidak harus buah-buahan atau sayur yang diperkenalkan duluan. Ada namanya menu tunggal 10-14 hari untuk mengetahui reaksi alergi bayi kita. Maksudnya bayi hanya diberikan 1 jenis makanan untuk sekali makan. Setelah itu menu 4 bintang yang terdiri dari karbo, protein hewani, protein nabati, dan sayuran.

Amount

  • Belanda : 1 hot meal, 1 fresh fruit, 1 pieces of bread
  • Indonesia : 3 kali menu 4 bintang

Kalau di Belanda, makan pagi nya roti, makan siang fruit, makan malam hot meal.  Hot meal nya lengkap kayak menu 4 bintang ala Indonesia.

Di Indonesia, makan pagi,siang, dan malam itu menu 4 bintang. Jumlahnya mulai dari 2-3 tablespoon (30-45 ml) sampai 125 ml di usia 9 bulan per setiap kali makan.

 

Kira-kira begitu perbedaan mpasi di Belanda dan Indonesia. Kalau saya pakai sistem campur. Mulai mpasi usia 6 bulan namun menu yang saya ikuti adalah ala-ala orang sini.

Sekian dulu. Salam untuk ibu-ibu semua yang sedang berjuang MPASI.

 

Leave a Reply