Persentase Pengeluaran di Belanda

Sudah 2 bulan lebih 5 hari kami sampai di Eropa. Berikut persentase pengeluaran kami selama ini. Sebagai gambaran saja. Hasil per 25 Maret 2016 (dari sejak sampai Belanda tanggal 20 Januari 2016).

persentase pengeluaran

Papan aka housing aka tempat tinggal aka sewa kosan ngambil space di keuangan kami 63% sendiri. Paling besar memang. Housing di sini soalnya harus pakai uang jaminan yang besarnya 1x uang sewa 1bulan. Akan dikembalikan kalau kosan kami baik-baik saja.

Konsumtif non pangan isinya sabun-sabun, shampo, odol, sabun cuci, plastik sampah, sikat gigi, dll. Tapi persentase ini kurang akurat karena biasanya satu nota sama pangan. Jadi ya total pangan n konsumtif non pangan 9% lah.

Jajan di luar kami 1/4nya makan di rumah padahal kami baru 1x jalan-jalan (ke Jerman). Belum sempat jalan-jalan ke luar kota lagi.

Travel/ tiket di sini lumayan mahal kalau naik transportasi umum terus. Beli sepeda wajib. Budget sepeda kami masuk ke lain-lain.

Kehamilan persentasenya masih kecil karena baru bayar USG sekali. Midwife, cek darah rumah sakit, dll dan yang akan datang belum masuk perhitungan, karena bill pun belum dapet.

Perlengkapan belajar kami juga masih printer dan kebutuhan tugas kecil-kecil. Buku belum beli sama sekali karena sampai sekarang materi kuliah dikasih pdfnya sama dosen. Kalaupun harus nyari lebih ya ada google scholar.

Sandang kami juga belum banyak beli di sini. Cuma pernak pernik shal, sarung tangan, dll aja sama sepatu diskonan di LIDL.

If you wonder, kami nggak ada budget buat “hepi-hepi”. Hahah. Antara males keluar rumah, introvert, internet kenceng buat streaming, lagi hamil, capek, ato cuaca masih dingin banget sampe sekarang buat jalan-jalan.

 

2 Comments

Add Yours

Leave a Reply