Rencana Beli Mobil di Belanda?

Berencana punya mobil di Belanda? Budget agak mepet? Lanjutan dari post sebelumnya. Sebelumnya jangan lupa kalau mobil bisa dijual kembali, jadi separah-parahnya kalau mau jual cepat masih bisa lah dapat 50% dari harga beli awal, asal nilai depresiasi mobil keliatan udah mentok. Berikut biaya-biaya yang bisa dan tidak bisa ditekan:

  1. Harga mobil itu sendiri. Kalau memang hanya untuk dalam kota belanja-belanja, bisa beli Ford Ka, VW Lupo, Ford Fiesta, Peugeot 106, dll. yang rentang harganya 500-700 Euro untuk yang lumayan terawat. Tapi cuma rata-rata 3 pintu, jadi tidak bisa angkut banyak.
  2. Pajak masih bisa ditekan. Kalau cari mobil yang ringan, bisa jadi pajaknya 20 Euroan, seperti Toyota Starlet atau Renault Twinggo.
  3. Kalau tahu seluk beluk mobil, punya pengalaman, atau hobi, coba beli dari user, bukan dari showroom. Selisihnya bisa jauh, bisa 200-300 Euroan untuk mobil di bawah harga 1000. Carinya di grup-grup facebook. Asal surat-surat lengkap dan track record service ada (terutama APK), saya kira tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
  4. Latihan teori tergantung orang, tapi lebih baik mantap di latihannya dulu, soalnya lebih murah daripada ujiannya.
  5. Bensin bisa beli yang lebih murah di pom bensin yang mereknya kurang terkenal dan belinya di Jerman. FYI harga bensin Shell di Belanda dengan di Jerman selisihnya bisa sampai 20cent/lt. Lumayan juga kalau full tank bisa hemat hampir 10 Euro. Update harga bensin Shell bisa dilihat di sini untuk Belanda dan di sini untuk Jerman.
  6. Asuransi sampai sekarang belum nemu yang lebih murah. Asuransi juga tergantung berat. Makin ringan mobil, makin murah.
  7. Les mobil juga belum nemu yang lebih murah, rata-rata segitu. Ada yang per jamnya lebih murah tapi harus les lebih banyak. Jatuhnya mirip-mirip juga.
  8. Hanya sebentar di sini? Bisa pakai SIM internasional dari Indonesia yang harganya di bawah 500 ribu. CMIIW. SIM internasional hanya berlaku 6 bulan sejak kedatangan kita di Belanda, bukan sejak SIM dibuat.
  9. Service. Cari mobil yang APKnya baru, jadi tidak perlu APK lagi kalau pemakaiannya kurang dari 1 tahun. Pendapat pribadi, yang jangan diikuti, mobil hanyalah alat untuk berpindah tempat. Jadi service yang penting-penting saja untuk mendukung perpindahan tempat ini. Yang penting aman, nyaman, dan efisien (3 pilar keinsinyuran).

Total-total kalau memang niat tekan biaya bisa jadi initial costnya 1300-1500 Euro. Kalau hanya sebentar (maksimal 6 bulan) dan punya SIM internasional, initial costnya bisa hanya harga mobilnya saja (500-700 Euro).

Leave a Reply