“Sebutkan 5 PLTA beserta Kotanya!”

Judul sebuah tugas yang diberikan kepada adik saya, kelas 3 SD. Pertanyaannya begitu simple membuat saya bertanya-tanya apakah kalimat perintah tersebut sudah lengkap. Ternyata memang hanya itu yang diminta.
Masalah berikutnya adalah jawaban dari tugas ini tidak ada di buku pelajaran yang diberikan, maupun pernah disampaikan di dalam kelas. Orang tua pun tidak bisa memberikan jawaban-jawabannya. Satu-satunya cara adalah googling. Link pertama yang muncul adalah dari wikipedia yang langsung menyajikam semua jawabannya.
Kurang tahu apakah tujuan dari tugas ini memang meng-encorage anak untuk mencoba mencari jawaban melalui internet, atau mempunyai tujuan lain. Saya tidak mengerti mengapa mengenalkan PLTA kepada anak kecil dengan cara ini.
Untuk yang mempunyai akses gadget tentu 1 menit pun sudah selesai. Pelajaran yang didapat dari tugas ini hanya searching dan copy-paste. Sedangkan untuk anak-anak yang tidak mempunyai kemewahan tersebut, tugas akan sangat sulit atau bahkan tidak dapat dikerjakan.
Memang lucu dan menyenangkan melihat anak melaksanakan tugas yang dibebankan padanya dengan penuh semangat dan tanpa keluh kesah. Namun apakah dengan seperti ini tujuan pendidikan akan tercapai?

by Aden

Leave a Reply